WISUDA KE-XIII STTB; ALUMNI SIAP BERSAING DI DALAM TEKNOLOGI INDUSTRI DAN INFORMATIKA



Kali kedua saya berkesempatan mengikuti kegiatan yang digelar oleh Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Bandung.  Sabtu, 8 Desember 2018 bertempat di Hotel Harris, Festival Citylink Bandung, STTB mewisuda 183 mahasiswa. 106 orang wisudawan berasal dari jurusan Teknik Industri dan 77 orang wisudawan dari jurusan Teknik Informatika.


Acara dimulai pukul 08.00 WIB, setiap wisudawan hanya dapat didampingi oleh dua orang.  Saat saya tiba, antrian para wisudawan terlihat. Pegaturan masuk cukup ketat dan tertib, tidak setiap orang dapat memasuki area sekitar ruang convention.


Acara pelantikan wisudawan dimulai dengan prosesi masuknya ketua STTB dan staf serta para dosen.  kegiatan ini menarik perhatian para keluarga wisudawan, tak sedikit yang mengdokumentasikan prosesi ini. Persembahan tarian selamat datang, yaitu tarian Jaipong Manglayang ditampilkan menyambut para undangan, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan Mars STTBandung.



 
Tarian Jaipong Manglayang

 
 183 orang wisudawan

Acara dibuka resmi oleh Ketua STTB, Bapak Muchammad Naseer, S.Kom.,M.T. Dalam laporannya, selain menyampaikan program STTB, beliau juga menyampaikan prestasi yang diraih oleh dosen dan mahasiswa.  Salah satu program STTB adalah Internship Program (program magang)di perusahaan Teknologi di Taiwan, 13 mahasiswa yang melakukan internship pada tahun 2018 selama 6 bulan ini, rata-rata digaji sebesar 4-6 kali UMK di Kota Bandung.  


Bapak Muchammad Naseer, S. Kom., M.T.

Mahasiswa STTBandung hanya memerlukan waktu maksimal 45 hari atau 1,5 bulan untuk segera memasuki dunia kerja maupun dunia wira usaha.  Bahkan terdapat beberapa mahasiswa yang sebelumnya kerja praktek di Batam, Surabaya dan Bali mendapatkan kesempatan untuk bekerja sebagai pegawai tetap di perusahaan tersebut. Hal ini terjadi karena ditunjang adanya Carrer Develompment Centre yang khusus melakukan bimbingan karir bagi mahasiswa dan alumni STTBandung. Pusat pengembangan karir ini memberikan informasi dan konsultasi agar para lulusan siap memasuki dunia kerja.

Bersama ITB, IPB, ITS dan UPI, STTB juga bergabung di dalam Forum Human Capital Indonesia yang bekerja sama dengan BUMN. Diharapkan para mahasiswa dapat mengikuti kegiatan magang bersertifikat di 142 BUMN dengan 8000 posisi.

Dosen STTBandung terdapat 120 orang, 95% berpendidikan S2. di tahun 2019 diharapkan 70% dari seluruh dosen tetap akan menempuh studi doktoral baik di dalam maupun di luar negeri, seperti di Malaysia, Perancis dan Taiwan.  Beberapa dosen STTBandung mendapatkan hibah penelitian, diantaranya; 
  1. Tiga orang dosen berhasil memenangkan Hibah Prototipe Teknologi untuk Masyarakat dari Kementerian Ristekdikti, dengan judul prototipe "Pembuatan Tungku Elektrik, Cooler dan Destilasi Tambahan Bahan Kaca untuk Meningkatkan Kualitas Minyak Atsiri" dengan nilai total hibah sebesar Rp. 120.000.000
  2. Dua belas orang dosen menerima hibah penelitian kemenristekdikti, dengan nilai total hibah Rp. 200.000.000. 
Beberapa prestasi mahasiswa juga telah diraih, diantaranya;
  1. Bersama dengan dosen berhasil mengembangkan inovasi berbasis teknologi yang bernama "Smart Kitchen System (SKS)". SKS lolos dalam Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi(CPPBT) Perguruan Tinggi tahun 2018.  Produk ini sukses dipamerkan dalam Pameran Inovasi Berbasis Teknologi "Inovator, Inovasi, Indonesia Expo (I3E) 2018" di Yogya City mall, Yogyakarta 25-28 Oktober 2018.
  2. Karya Typography Mahasiswa Desain Komunikasi Visual(DKV) STTBandung lolos untuk dipamerkan dalam acara "Type Unite Dubai 2017"
STTBandung yang berdiri sejak tanggal 5 Oktober 1991 merintis jalan agar pada tahun 2022 menjadi Universitas, 2022#GoUniversity.  Laporan Ketua STTBandung diakhiri dengan Peresmian Dimulainya acara pelatikan wisudawan.  Selanjutnya Ketua Yayasan LPPI Bandung, Bapak Dr. Dadang Hermawan memberikan sambutan. Dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada seluruh jajaran STTBandung dan harapannya semoga apa yang telah dicapai dapat terus ditingkatkan dalam rangka memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi generasi muda menyongsong masa depan yang gemilang baik di dunia dan di akherat.

Orasi Ilmiah seperti acara wisuda pada umumya, merupakan salah satu acara yang dinantikan oleh para wisudawan. Kali ini orasi ilmiah disampaikan oleh Dr. Cyrille SCHWOB, APAC, Head ofrch & Reseach Technology Development at Airbus yang berkantor di Singapura.


Dr. Cyrille SCHWOB, APAC

Tibalah pembacaan SK Ketua STTBandung tentang para wisudawan, yang sebelumnya dibacakan wisudawan terbaik dan skripsi terbaik.  Hal menarik bagi saya adalah, wisudawan terbaik untuk kedua program diraih oleh wisudawati, yaitu Srikanti Astuti, S.T dan Iin Indriyani, S, Kom. Lima dari delapan orang peraih skripsi terbaik juga diperoleh wisudawati.  Hal menarik lainnya adalah perwakilan dari wisudawan untuk menyampaikan kesan teryata peraih medali emas di cabang olahraga lari 200 meter , medali perak di cabang olahraga lompat jauh, serta medali perunggu pada cabang olah raga lari 100 meter dalam event Paralimpik Daerah (PEPARDA) V 2018. Ia adalah Tina Sri Handayani, S. T


Pemberian penghargaan kepada para wisudwan dan skripsi terbaik

Foto Bersama Wisudawan Terbaik beserta Orang Tua


Tina Sri Handayani, S. T.


Acara wisuda ini ditandai pula dengan penandatangan MoU antara STTBandung dengan Universitas Nasional Pasim, Bank Sampah Bersinar, PT. POS Indonesia, PT. SLU, CMYK dan HUNGCHI Taiwan.


Penandatangan MoU


Suasana haru mewarnai ruangan, ketika para wisudawan diminta untuk membalikkan badannya agar orang tua mereka dapat terlihat.  Puisi tentang perjuangan orang tua yang diiringi musik syahdu berhasil membuat suasana sedih.  Suasana semakin khidmat ketika Bapak Drs. Muslim Arief, M.Pd.I memimpin doa.


Moment Saat Wisudawan Menghadap Orang Tua

Secara keseluruhan acara Wisuda XIII Program Sarjana (S1) Sekolah Tinggi Tekologi Bandung berjalan dengan penuh suka cita dan khidmat. Suasana yang sempat penuh haru kembali disegarkan oleh penampilan UKM Paduan Suara dan Angklung STTBandung yang menutup acara dengan tiga buah lagu yang manis.  

Paduan Suara STTBandung

Selamat untuk seluruh Jajaran STTBandung, selamat untu wisudawan dan wisudawati. Selamat Berkarya, Tanah Air Menanti Baktimu!.



Komentar

  1. Wisuda itu salah satu mo.ent mengharukan selain pernikahan

    BalasHapus
  2. keren yah mba prosesi wisudanya, hikks aku jadi keinget waktu wisuda sakit parah jadi nggak ikut wisuda deh nggak tau gimana rasanya di moment itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mba...selain para undangan dan wisudawan dibuat nyaman, juga khidmat. Wah sayang ya Mba...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

VCT; PENJAGA TOL LANGIT PENDIDIKAN

Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika SELISIK 2018