VCT; PENJAGA TOL LANGIT PENDIDIKAN

Akhir Februari 2019 Sebuah flyer pelatihan bertajuk VCT (Virtual Coordinator Training) Batch 3 menarik perhatian saya.  Dalam flyer tertera sebuah link untuk mendaftar, walaupun saya belum mengerti pelatihan apa dan bagaimana, segera saya melakukan registrasi, khawatir kuota telah terpenuhi.  Tanggal 2 Maret 2019, saya dimasukkan ke dalam sebuah WhatsApp Grup; VCI 65 Jabar 7 (Virtual Coordinator Indonesia Grup 65, Jawa Barat Grup 7). Dikemudian hari saya baru faham grup tersebut merupakan tindak lanjut dari registrasi yang saya lakukan sebelumnya.

Masih dalam ketidakmengertian tentang training ini, saya bersabar dan mengikuti setiap instruksi dari para instruktur.  Termasuk harus mengikuti paparan Director of SEAMEO Secretariat, Bapak Dr. Gatot Hari Priowirjanto pada tanggal 3 Mei 2019 yang dilakukan secara virtual (maya). Kesungguhan niat saya untuk mengikuti kegiatan ini mulai diuji ketika saya harus meginstal sebuah aplikasi online yang dikembangkan oleh Cisco, yaitu WebEx.  Bagi saya yang tidak terlalu menguasai IT tentunya perlu perjuangan ekstra untuk dapat melakukan setiap instruksi sampai berhasil bergabung di room seminar virtual yang  telah ditentukan.

Paparan Umum yang disampaikan Direktur SEAMEO, sangat bermanfaat, Peserta menjadi  faham apa itu VCT, apa yang melatarbelakangi diselenggarakannya VCT, bentuk kegiatan dan tugas-tugas yang harus dipenuhi oleh peserta agar mendapatkan e-sertifikat yang setara dengan 39 Jam  Paparan yang disampaikan memberikan arahan  langkah kepada peserta.

Revolusi Industri 4.0 menuntut kecakapan abad XXI yang harus dimiliki baik oleh peserta didik maupun guru yang dikenal dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving and Innovation).  Dalam upaya mengembangkan kolaborasi pendidikan antar sekolah, antar propinsi bahkan antar negara, SEAMEO (South East Asian Ministers of Education Organization) yang sekretariatnya terletak di Bangkok, menyelenggarakan suatu kegiatan secara virtual, yaitu  VCT (Virtual Coordinator Training),  VCT ini terdapat dalam 3 versi, yaitu versi Bahasa Inggris, versi Bahasa Thailand dan versi Bahasa Indonesia. Diharapkan melalui kegiatan VCT ini terjadi proses belajar satu sama lain tentang informasi dan teknologi terbaru, best practise ataupun konten-kontent terbaik secara cepat yang terjadi di tempat lain.


Kita perlu orang-orang yang menjembatani antara ilmu-ilmu terbaru dengan kondisi yang ada dengan menggunakan teknologi komunikasi, salah satunya melalui training virtual.  Bapak Gatot menggunakan istilah; "kita harus menyiapkan Sumber Daya Manusia  Tol Langit untuk Pendidikan, yang fungsinya menjaga Gateway semua informasi yang ada di internet atau dunia maya yang bisa disalurkan kepada titik-titik atau daerah yang memerlukan". Itulah fungsi dari Virtual Coordinator Training.


Berikut adalah link rekaman Paparan Umum Director of SEAMEO Secretariat, Bapak Dr. Gatot Hari Priowirjanto  https  ://www.youtube.com/watch?v=xcVZwmVxAPE&t=70s

JADWAL KEGIATAN VCT BATCH 3
Setiap peserta harus mengikuti kegiatan yang terdiri dari;
  1. Pengenalan SEAMEO
  2. Pejelasan kegiatan VC
  3. Membuat Google Form dan Flyer Digital
  4. Teknis Menulis Narasi Kegiatan
  5. Cara Mengkreasi Room Webex
  6. Mengenalkan fitur webex dan kegunaannya
  7. Melatih Fitur Webex untuk narasumber, host dan moderator
  8. Membuat Presensi online melalui Google form atau Zoho Form
  9. Merekam kegiatan webex dengan SOM/Faststone
  10. Upload video ke youtobe dan share melalui youtobe atau shortest link (bit.ly atau gg.gg) ke sosial media

TUGAS-TUGAS
Untuk mendapatkan sertifikat setara dengan 39 jam, peserta harus memasukkan tugas-tugas;
  • Membuat Flyer Digital
  • 2X Presentasi Online (minimal 10 ppt), proses presentasi direkam dan diupload ke youtobe, linknya dilaporkan kepada panitia.
  • 2X sebagai Host
  • 2X sebagai Moderator


SERTIFIKAT
Bagi peserta yang telah melakukan seluruh tugas dan telah berhasil mengupload tugas ke kantong tugas, berhak mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh SEAMEO.  



Alhamdulillah akhirnya saya dapat mengikuti seluruh rangkaian tugas VCT dan mendapatkan sertifikat.  Hampir saja saya menyerah dan keluar dari WhatsApp Grup VCT, berkat dukungan para instruktur dan kerjasama dengan rekan sejawat yang baru kenal pada pelatihan ini, saya akhirnya dapat menyelesaikan tugas.

Awal sekali mengikuti kegiatan ini, hal yang membuat saya berpikir keras adalah karena saya tidak memiliki konten yang akan sampaikan.  Jika rekan-rekan lain telah memiliki materi atau bahan yang akan dipresentasikan, maka saya mencoba menyusun materi yang akan ditampilkan.Tugas pertama sebagai presenter saya mencoba berbagi ide saya tentang penerapan literasi dalam tahapan pembelajaran dengan judelul "Optimasi Literasi dalam Pembelajaran IPA di SMP" untuk tugas kedua sebagai presenter saya menyampaikan tentang "Level Inkuiri".

Jadi bagi teman-teman yang belum memiliki bahan atau materi yang akan dipaparan jangan khawatir.  Seperti penjelasan Director of SEAMEO Secretariat, Bapak Dr. Gatot Hari Priowirjanto, konten yang disajikan tidak selalu harus berupa IT, bisa disesuaikan dengan tugas utama kita sebagai guru mata pelajaran. JIka konten yang kita sampaikan belum berupa inovasi IT, maka melalui VCT kita bisa belajar banyak dari karya-karya peserta yang menambah wawasan dan memotivasi kita agar senantiasa belajar dan berkarya.

Let's Join with VCT Batch 4

Komentar

  1. Semangaaat Bundaa dan selamat yaa akhirnya ikut juga trainingnya. Semoga bermanfaat ilmunya terima kasih sudah berbagi di sini.

    BalasHapus
  2. Wah kereen sekali Mbak, mau ikut training tapi belum tahu apa materi yang akan diberikan hihihi...
    Tapi ternyata kelasnya memang bermanfaat sekalu ya, bisa menambah wawasan tentang IT dan memotivasi pesertanya untuk belajar dan berkarya.

    BalasHapus
  3. SDM tol langit. Wah istilahnya menohok banget nih. Biar pada siap menghadapi era industri 4.0 yah mbak. Bukan cuma buat anak muda aja tapi buat kita juga yang udah emak-emak hehe

    BalasHapus
  4. Kereeeen ... selamat, yaaa, akhirnya dapat sertifikat yeyeye
    Semoga ilmunya bermanfaat ya, Mak. Aku suka sama istilahnya tol langit hihihi

    BalasHapus
  5. Mantul sekali, Mbak. Keren juga loh semangatnya akhirnya berhasil sampai tuntas ya, Mbak. Semoga ilmu dan pengalamannya bisa menginspirasi dan bermanfaat terutama untuk dunia pendidikan negeri kita. Yee semangat!

    BalasHapus
  6. awalnya sempet bingung apaan tol langit? buat pesawat gitu. eh ternyata tentang industri 4.0 yang emang apa2 serba internet. masyaallah. semoga dengan adanya tol langit pendidikan. meski pengajar jauh, anak-anak tetap bisa belajar juga dengan baik yes. terutama anak-anak pedalaman. keren. semoga berkah ilmunya bun.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah
    Selamat ya Mbak akhirnya bisa mengikuti seluruh rangkaian tugas VCT dan mendapatkan sertifikat.
    Semoga makin sukses ya dan berkah ilmunya

    BalasHapus
  8. Awalnya bingung penjaga tol langit, ternyata oh ternyata ilmu tentang industri 4.0 yang emang wajib diketahui oleh pendidik. Selamat ya mbak, telah tuntas belajar :)

    BalasHapus
  9. Wah, kita jangan-jangan segrup mbak. Hanya saja pas mulai tugas saya diklat dan tumbang hampir dua minggu. Jadi nggak bisa ngerjain tugas. Lewat deh sertifikatnya. So far, berharap suatu saat nanyi lebih dikoordinir agar lebih baik saat penyampaian materi menggunakan webex. Kemarin-kemarin sungguh tidak bisa menikmati materi secara langsung dengan baik.

    BalasHapus
  10. Keren Alhamdulillah bisa tuntas merintis penjaga tol langit pendidikan

    BalasHapus
  11. Wawww...alhamdulilla sdh bersertifikat ya mba. Hihi istilahnya tol langit baru dgr kirain apa eh ternyata...terkait induatri 4.0 ya...mksh mb sukses sll yes...

    BalasHapus
  12. Unik juga nih, "Tol Penjaga Langit" kayak judul novel fiksi aja, hehe. Nah, kalau mau paham memang harus baca dulu sampai tuntas dan ternyata ini tuh virtual training toh. Hm, tambah mantap aja inovasi training zaman sekarang. Pokoknya semua bisa!

    BalasHapus
  13. Mantap banget nih, semangatnya mbak. Mengerjakan tugas itu penuh perjuangannya. Jebayang rasanya kayak apa haha..

    BalasHapus
  14. The Complete Guide to Baccarat - Wil Wheaton
    The complete guide to Baccarat - Baccarat. Find 제왕카지노 out how to play, and how to read the 바카라 사이트 rules and the bonus rounds to deccasino win.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika SELISIK 2018

WISUDA KE-XIII STTB; ALUMNI SIAP BERSAING DI DALAM TEKNOLOGI INDUSTRI DAN INFORMATIKA