TUMBUH DAN BERKEMBANG BERSAMA JOERAGAN ARTIKEL

Menjadi penulis bukanlah cita-cita saya, bukan karena saya tidak tertarik di dunia kepenulisan, bukan pula saya tidak bercita-cita memiliki sebuah tulisan yang dipublikasikan baik di media online atau bahkan di dalam media cetak seperti buku.  Saya sangat tahu diri akan kemampuan menulis yang sangat terbatas.  Kalau sekedar berbagi sebuah pengalaman pada media sosial sih yaa bisa, tapi untuk menghasilkan tulisan yang menarik sekaligus bermanfaat tentunya tak semudah curhatan di medsos bukan?

Maka, ketika bulan Maret nama saya tertera dalam daftar isi sebuah buku antologi yang berjudul "Payung Cerita Warna-Warni" Seri 3, saya merasa mimpi. Mimpi saya ternyata tidak berhenti di situ, buku antologi saya  ke-2 "Guru Menulis" lahir tepat di tanggal 2 Mei 2018, kedua buku antologi tersebut dapat ikut dipamerkan di dalam sebuah kegiatan pameran MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) IPA  yang dihadiri Bapak Bupati Kabupaten Bandung. Pada kesempatan itu, saya  dapat memberikan kedua buku antologi saya kepada Bupati kabupaten Bandung Bapak H. Dadang M. Nasser dan Bunda Literasi Kabupaten Bandung, Bunda Hj. Kurnia Agustina. 

Berfoto dengan Bapak Bupati Kabupaten Bandung dan
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung

Bunda Literasi Kabupaten Bandung
Bunda Kurnia Agustina 

Antologi Pertama: Payung Cerita Warna-Warni

Walaupun saya tak pernah punya mimpi akan "capaian kecil" ini, tentunya semua haruslah ada sebuah proses dan perjuangan. Memiliki sebuah buku, walaupun buku yang ditulis bersama-sama dengan beberapa kontributor (Antologi adalah kumpulan tulisan dari beberapa penulis) bukanlah sebuah sulap yang hanya bisa hadir sekejap mata. Diperlukan proses belajar dan ketekunan. Rizki saya, diawal tahun 2018 dapat mengikuti sebuah komunitas yang salah satu bidang kegiatannya adalah menyelenggarakan pelatihan menulis, baik yang diselenggarakan secara online maupun offline.  


"Joeragam Artikel" nama komunitas tersebut. Joeragan Artikel, yang dikenal dengan singkatan JA merupakan agensi naskah, sekaligus pusat pelatihan kepenulisan yang didirikan oleh Ibu Sri Kuswayati atau lebih dikenal dengan nama Ummi Aleeya.  Joeragan Artikel bekerja sama dengan Indscript Training Center, sebuah lembaga yang berada di bawah naungan Indscript Creatif pmipinan Ibu  Indari Mastuti. Training-training yang diselenggarakan Joeragan Artikel dan Indsript Creatif khusus ditujukan untuk perempuan.

Sepanjang tahun 2018, saya mengikuti lima jenis training di Joeragan Artikel.  Mengapa kok bisa ya saya ketagihan mengikuti training di JA? Berikut alasannya

TERSTRUKTUR
Setiap kegiatan pelatihan selalu diawali dengan adanya flyer yang berisi tentang informasi kegiatan seperti waktu pelaksanaan, tujuan, materi, biaya dan mentor. Setiap pelatihan yang diselenggarakan Joeragan Artikel ditunjuk seorang PJ (Penanggung Jawab) yang mengkondisikan persiapan pelatihan, memasukkan peserta ke dalam grup/kelas belajar (via WA ataupun telegram), pelaksanaan hingga pendampingan.  Walaupun pelatihan online  hanya diselenggarakan tiga hari, pendampingannya bisa sampai tujuh hari. Mentor-mentor di Joeragan Artikel juga hebat dan keren, kesabaran mereka  luar biasa dalam menghadapi peserta yang baru terjun di dunia kepenulisan seperti saya.

ADANYA PROSES BELAJAR
Setiap selesai sebuah pelatihan, peserta diharuskan membuat sebuah produk tulisan.  Tapi jangan segan dulu, sebab di awal sesi, diberikan materi. Materi dikemas dalam berbagai media, dapat berupa video ataupun audio. Materi diberikan persesi, setiap sesi ada tugas. Misalnya, materi tentang tema, maka setiap peserta harus setor tentang tema yang akan ditulis. Materi tentang lima kalimat pembuka, peserta harus setor juga tentang lima kalimat pembuka.  Setiap tugas yang telah disetor, akan diperiksa oleh mentor dan selajutnya akan dibahas satu-persatu.  Sehingga setiap peserta mengetahui letak kesalahannya.

WAKTU FLEKSIBEL
Pelatihan yang diselenggarakan secara online tentunya akan sangat membantu mereka yang kesulitan untuk mengikuti secara offline.  Pelatihan secara online, walaupun pada waktunya tidak dapat kita ikuti, materi sejak awal tentunya dapat kita simak kembali. Kita tinggal mengikuti seluruh isi chat,video ataupun audio yang dikirim ke grup belajar.

MENGHASILKAN PRODUK
Setiap peserta "dipaksa" untuk menghasilkan sebuah produk. Berikut ini tulisan yang saya hasilkan sebagai hasil dari mengikuti pelatihan menulis yang diselenggarakan Joeragan Artikel;

  1. Antologi "Payung Cerita Warna-Warni" Kumpulan Cerita Bunda Untuk Ananda (Maret 2018), merupakan hasil belajar di kelas "Cerpen Anak" Batch 2.
  2. Antologi "Guru menulis" Cerita dari Balik Dinding Kelas (Mei 2018), merupakan hasil belajar kelas "Guru Menulis"
  3. Artikel "Memahami Kematangan Anak" yang dimuat di emakpintar.org sebagai produk belajar "Menulis Artikel"
  4. Cerpen "Misteri Gunung Wayang" sebagai hasil dari kelas "Cerpen Mitologi" Cerpen ini belum lama saya publikasikan di media Facebook https://www.facebook.com/sitisofiah.nurhimah/posts/2622900847736536
Beberapa artikel lain saya hasilkan pula,
  1. Artikel "Jangan Biarkan Jenuh Melanda! Inilah 7 tips yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menghindarinya" dimuat di dalam media online generasi milenial; https://takaitu.id/author/sofinurhimah/
  2. Beberapa artikel di blog pribadi sofinurhimah.blogspot.com

BERKELANJUTAN
Setiap alumni Joeragan Artikel otomatis masuk ke dalam alumi Joeragan Artikel.  Nah kalau sudah masuk komunitas alumni JA, jangan kaget yaa jika tiba-tiba ada undangan mengikuti event-event  blogger atau event lainnya.  Ada dua event yang tak bisa saya lupakan begitu saja, yaitu diundang dalam Panggung Literasi Liga Buku Bandung 2018, dan sebagai tamu di acara Bintang Pustaka MQFM pada bulan Agustus 2018.  Di luar dugaan, ternyata event-event itu menambah angka di buku tabungan saya loh, hehe.  Terpenting menambah pengalaman dan pertemanan.

Difoto bersama Owner JA Ummi Aleeya dan Mentor
Kelas "Cerpen Anak" Cikgu Anna Farida dan dua penulis cilik

Dalam Acara Bintang Pustaka MQFM bersama PJ dari JA, Ibu Dewi Pelangit, 
seorang rekan penulis, Ibu Lina Susanti  dan dari  Penerbit Bitread


Nah, untuk teman-teman yang ingin belajar menulis dari nol atau mengasah kemampuan menulis segera gabung ke "Joeragan Artikel" kepoin yuk web JA joeragan-artikel.com , di web itu teman-teman bisa cari informasi training. Dalam waktu dekat ini, akan berlangsung dua jenis training, yaitu 

  1. Menulis Opini di Media Massa, dilaksanakan secara offline pada tanggal 24 Februari 2019
  2. Antologi Fiksi Mini Batch 3, dilaksanakan secara online pada tanggal 1 Maret 2019





Komentar

  1. Waduh sudah banyak pengalaman walaupun belum lama bergabung JA. Terima kasih untuk semangatnya.

    BalasHapus
  2. sudah banyak ya mba karyanya ... salut!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

VCT; PENJAGA TOL LANGIT PENDIDIKAN

Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika SELISIK 2018

WISUDA KE-XIII STTB; ALUMNI SIAP BERSAING DI DALAM TEKNOLOGI INDUSTRI DAN INFORMATIKA